Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack GTX Sampai Sekarang
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Grasstrackjawa - Banyak perubahan yang signifikan terkait dengan model cara pembuatan Rangka bebek standar gestrek/grasstrack/gtx ini, mengingat transportasi massal dulunya milik bude-bude wira-wiri ke kantor, ke pasar, jemput anak dan lain-lain namun sekarang kebanyakan yang pakai mas-mas ojek ini di paksa berubah wujud menjadi tunggangan bak motocross seperti di luar negeri. Virus motocross era 90an pada motor bebek itu awalnya hanya sebatas ban saja. Cukup melucuti body, tabeng, spatbor belakang dan lampu motor sudah siap diajak balap. Lintasan pun rata tanah dan tidak menemui yang namanya double jump, table top, apalagi superbowl. Rangka pun berani pakai standar-ndar bawaan pabrik tanpa tambahan apapun. Ambil contoh kelas kaoto yaitu Honda C70 pun pakai shock depan standar. Karena saat itu grasstrack sebagai kelas supporting di motocross. Jalurnya pun khusus lewat samping jumpingan atau handicap. Lambat laun sedikit berevolusi dengan memapas rangka belakang supaya motor lebih rigid. Caranya dengan memotong dan menumpuk pipa bawah di bawah tangki.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
bisa kita lihat shock depan benar benar asli pabrik cuman dikasih sambungan bambu piston yang kecil agar shock bisa tinggi , haduh tapi tetap oke lah
2004 mengawali perubahan pada rangka kelas jenis ini. Mulai besi tambahan diatas pipa utama, memotong rangka belakang terus ditumpuk dan memakai swing arm kaze. “Penguat rangka tengah sudah di mulai sejak 2004 saya saat itu riset bareng Heru Tri P, istilahnya bebek standar gaul. Kalau rangka simple kita duluan. Komstir depan laker. Pakai fork ori Force 1 tapi pakai bearing. Begitu juga swing arm Kawasaki Kaze R buat bebek standar. Saya yang memulai.” buka Wahyu Harindra atau Wahyu Jampes SBM, salah satu dedengkot pembuat rangka grasstrack era 2004an yang dulu ngetop dengan Serba Mulya Akbar Taufan Racing Team. Arm Kaze dinilai lebih stabil karena model arm berbentuk huruf A lebar di belakang.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Masa ini adalah masa terlama rangka grasstrack untuk bebek standar. Model konvensional sampai musim 2010 hampir 80% masih membawa material bawaan motor tak terkecuali shock depan berikut stangnya masih standar pabrik. Masuk setelah 2010 kesini sedikit-demi sedikit revolusi terasa liar mulai as shock boleh disambung sampai mirip shock depan. Tentu punya alasan.. Sirkuit grasstrack sudah sedikit dihiasi jumpingan. Tak terkecuali kelas bebek standar ikut melewati walau sebatas pelan-pelan saja.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
“Segitiga atas pakai Yamaha Champ yang as-nya shocknya sama ukuran 26mm,” kenang Pak Wahyu pada tahun itu masa rehatnya sebagai perancang rangka grasstrack, berhenti sementara karena pindah dari Wonogiri ke Ibu Kota. Lingkar roda depan belakang yang semula memakai jenis ring 17 inci juga sedikit demi sedikit mulai aplikasi ring 19 untuk depan dan 16 untuk belakang. Semua di buat hampir meniru dengan besutan bebek modif dan tahun berikutnya mulai ramai dengan setelan kombinasi ring 19-16 di tambah shock belakang Honda Tiger Revo jaya-jayanya sebagai shock belakang paket hemat. Yang berdana lebih pilih pakai shock Kayaba Biru sebagai peredam kejut tahan banting paling top-marwotop..
Fajar Aribowo namun lebih dikenal dengan Fajar Berang-Berang from Boja, Kendal. Membuat gebrakan di tahun 2011 dengan merubah total konstruksi besi belakang bebek standar dengan model mengikuti konstruksi bebek modif atau special engine. Model dua pipa yang membujur ke belakang mirip motor laki. “Babat alas saya sendiri kala itu, bikin rangka sendiri lalu di pakai balap sendiri.” Keterangan Fajar. Intinya Mandiri alias mangkat sendiri.. Fajar sampai saat ini terkenal membuat rangka grasstrack krusial yang bikin decak heran model rangka pertama kali keluar akhir 2014 tunggangan Bayu Seto.
Ramai tentang rangka tersebut giliran shock depan yang mengalami rubahan dari model standar pabrik diperbolehkan comot atau kanibal dari motor lain jenis sport atau motor laki. Diameter maksimal 31mm dan yang paling pas pakai Yamaha Rx-king. Kalau yang ingin agak mahal dikit pakai Yamaha TTR atau Suzuki DRZ terbilang masih seukuran lingkarnya dengan shock depan Rx-King. Kondisi sirkuit makin ekstrim dengan jumpingan setinggi 1 meter atau single jump cepat memaksa mekanik atau team jeli bikin rangka super yang tahan geol, nyaman antep bergoyang.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Sketsa Desain Rangka bebek standar grasstrack tunggan Rivaldi Julian dari 86tech. Mengawali model rangka grasstrack kelas bebek standar modern. (Foto : Dok. Akbar Taufan)
2013 muncul model rangka bebek standar dari 86 Frame Salatiga pacuan Rivaldy Julian saat bersama SBT 86 Tech. Rangka dengan model tinggi berikut kemiringan shock depan belakang yang pas banget buat jumping atau hajar superbowo eh superbowl plus smoot saat melibas berm. Tromol set depan belakang berikut master rem dan cakram memakai limbah Special Engine. Kayaba Merah shock belakang mutakhir yang di pakai beberapa pembalap senior karena memiliki tingkat setelan paling komplit masuk dalam komposisi motor ini. “Konstruksi meniru bebek modif sedangkan ukuran tinggi menyesuaikan ukura shock depan dan pembalap,” penjelasan Akbar Taufan yang merancang di temani Tri dan kawan-kawan.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Rangka Grasstrack jawa terekstrim bebek standar grasstrack Bayu Seto jelmaan KTM. Jagonya penerbangan..
Lagi-lagi Fajar dari Berang-berang Frame GTX Kendal membikin rangka jenis baru pada pertengahan 2014. Makin gila dan pertama kali di Indonesia. Motor bernomor 06 body KTM gajoan Bayu Seto yang pertama kali terlihat kami saat grasstrack Pringsurat, Temanggung. Rangka utama di buat membungkuk dengan suspensi ekstra panjang menggunakan shock ATV!!! Fajar menggunakan copotan WP ATV dari KTM. Edan benar-benar edan, table top 3 meter saat Powertrack Kroya 2015 leanding sampai ujung. Double jump panjang sirkuit Klotok, Kediri juga selesai di sikat Bayu Seto. Bebek standar kok koyo ngene bosku????
Makin ekstrim karena tuntutan sirkuit sendiri yang bikin rangka rigid seperti ini tercipta. Jumpingan mulai banyak dan lumba-lumba makin sering di temui. Buku biru berisi spek sirkuit yang menyebutkan tinggi maksimal jumpingan grasstrack 1 meter, tidak ada table top dan tidak ada lumba-lumba ternyata masih ada dan semakin edan apa yang terjadi saat grandfinal grasstrack 2014.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Desain Baru Rangka Berang berang GTX ditahun sebelumnnya
Pengrajin rangka makin getol https://www.acheterviagrafr24.com/prix-viagra/ bikin model gagah seperti ini dan tak hanya mereka saja. 107 Frame Boyolali, Tepepa Jogja, WBC Frame Wonogiri, Wanto Jogja dan lain masih banyak khusus Jateng-DIY. Akhir 2014 dan sampai sekarang hampir pembalap pemula papan atas 10 besar memakai rangka modern.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
2015 pernah jadi polemik karena IMI membuat peraturan di buku biru 2015 soal rangka, jok, shock depan harus standar bawaan pabrik ternyata harus di revisi pada beberapa perjalanan mulai kejurnas region 2 seri 2 Brebes 2015. Puncaknya seri 3 di balik kebingungan kelas bebek standar pemula diganti kelas bebek standar modif pemula namun di tinggalkan sebagian besar pesertanya.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Tahun lalu, baik di Kejurnas Grasstrack, Powertrack maupun event lokal bergengsi jajaran depan berisi bebek standar yang boleh dikatakan jelmaan motocross tersebut. Shock depan Kawasaki KLX ukurannya 33mm segitiga lebih lebar dan lebih stabil konon kata pembalap. Lintasan semakin berat jumpingan ikut di buat lebih tinggi lagi dengan derajat kemiringan seperti Supercross. Single table besar sering di temui sekarang ini . Superbowl pun sering di sajikan bebek yang katanya masih standar ini. Lihat aksi pembalap pemula belasan tahun kemarin sukses menerbangkan motor bebek mas-mas buat ngojek. Trek kriting super bumpy dilewati dengan kecepatan tinggi.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Melihat wujud bebek “Siluman” standar grasstrack sekarang seperti sangat-sangat jauh dari kata standar. Rangka, tromol special engine, stang fatbar, shock depan KLX, body comotan special engine orisinil, knalpot, footstep, velg, shock belakang Kayaba atau akhir-akhir ini kita temui shock belakang WP KTM di ATV belum tune up mesin melambungkan biaya membangun motor sampai kisaran 30 juta untuk mesin 2T sedang 4T bisa sampai 40juta kurang lebihnya. belum lagi harga motornya
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Ya inilah motocross original dari Indonesia. Tak ada yang menyamai termasuk negeri tetangga. Jadi, kata bebek standar saat ini sepertinya hanya sebuah nama kelas.
Inilah kumpulan model bebek standar era modern yang berhasil kami dokumentasikan ekslusif dari mereka.
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang |
Tag : Sketsa Model Baru rangka gestrek, Cara pemebuatan rangka gtx terbaru, bengkel frame gtx paling ahli, model rangka grasstrack terbaru, desain modei rangka trail, tril gestrek terbaru,
Bagaimana Perubahan Signifikan Model Rangka Bebek Standar Grasstrack Sampai Sekarang
4/
5
Oleh
Anonim